SEKILAS INFO
16-07-2024
  • 2 minggu yang lalu / Daftar Ulang PPDB 2024, hari Senin sd. Jumat, tanggal 2 sd. 5 Juli 2024
  • 2 minggu yang lalu / Pengumuman Nama Peserta Didik Baru Yang Diterima Tahun Pelajaran 2024/2025, Senin 1 Juli 2024
  • 2 minggu yang lalu / Selamat Hari Jadi Kota Tanjungpandan ke-186, 1 Juli 1838-2024 “Bangkit Berinovasi Mengembalikan Kejayaan Pariwisata Negeri Laskar Pelangi”
2
Apr 2024
Meningkatkan Keimanan dan Ketakwaan di Bulan Ramadhan Siswa SMPN 6 Tanjungpandan Tetap Semangat Belajar Melalui Aktivitas Keagamaan

Memasuki hari pertama sekolah usai libur menyambut bulan Suci Ramadhan tampak siswa tetap semangat dan atusias datang ke sekolah seperti hari-hari biasanya. Siswa sudah hadir sebelum pukul 07.00 WIB. Senin (14/3). Proses Belajar Mengajar di Bulan Ramadhan ini masuk pada pukul 07-30 dan pulang 12.20 WIB. Kegiatan Ramadhan diisi dengan rangkaian aktivitas agama, mulai dari pelaksanaan salat duha bergantian setiap kelas, tadarus Al Quran, serta Imtaq setiap hari (14 s.d. 28/3).

Waka kurikulum Yunita Hasfilia, S.Pd mengatakan bahwa “Jadwal Pelajaran di Bulan suci Ramadhan sama dengan jadwal seperti biasanya. Sebelum belajar siswa dan guru pada pelajaran pertama melaksanakan Tadarus Al-Qur’an. Sedangkan Waktu belajar selama ini 30 menit satu jam. Khusus di Bulan Ramadhan ini 1 jam pelajaran 30 menit. Masuk pukul 07.30 dan pulang pukul 12.20 WIB”, jelasnya. Kepala SMPN 6 Tanjungpandan Dra. Sri Sukmi Putriaty mengatakan bahwa ramadhan bukanlah alasan kita untuk bermalas-malasan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Bahkan kita harus tetap bersemangat dan memperbanyak amalan-amalan di Bulan Ramadhan ini. “Disamping kewajiban belajar Allah akan melipat gandakan pahala anak adam di Bulan Suci Ramadhan ini”, jelasnya.

Dilanjutkan dengan Kegiatan Pembagian takjil pada tanggal 27 Maret 2024  pada pukul 15.00 dilakukan oleh OSIS dan Ekskul Rohis bersama guru pendamping.  Pada tanggal 1 April 2024 dilaksanakan salat Duha berjamaah di lapangan SMPN 6 Tanjungpandan yang dipimpin oleh Bapak Nasrulloh, S.Pd kemudian dilanjutkan dengan Khataman Quran, setiap kelas  menyelesaikan  30 juz didampingi  oleh walikelas.

Pada siang hari tanggal 1 April 2024 pukul 11.00 s.d selesai SMPN 6 Tanjungpandan membagikan Bantuan Sosial berupa Beras, minyak, gula dan terigu kepada keluarga dari warga sekolah yang membutuhkan sebagai ungkapan rasa kasih sayang yang dikelola oleh siswa untuk siswa.

Rangkaian aktivitas Ramadhan di SMPN 6 Tanjungpandan di tutup dengan Tausiyah  oleh Ustaz Fadlani Nugraha, S.Pd.I guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tanjungpandan Kabupaten Belitung, pada tanggal 2 April 2024, beliau memimpin salat duha berjamaah di lapangan SMPN 6 Tanjungpandan. Dilanjutkan dengan ceramah, dalam ceramahnya, beliau mengajak siswa-siswi SMPN 6 Tanjungpandan pada bulan Ramadhan yang penuh berkah ini yaitu membaca Al Quran.

Membaca Al-Quran merupakan ibadah yang sangat mulia dan bermanfaat bagi kita. Selain sebagai amalan yang diharapkan mendatangkan keberkahan, membaca Al-Quran juga dapat menjadi sarana untuk mengingatkan diri kita tentang ajaran-ajaran agama Islam, serta mendapatkan kebaikan yang banyak dari Allah SWT.

Salah satu dalil tentang pentingnya membaca Al-Quran di bulan Ramadhan terdapat dalam Surat Al-Baqarah ayat 185, yang berbunyi, “Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)” Dari ayat ini, kita bisa memahami bahwa Al-Quran adalah petunjuk bagi manusia, yang memberikan penjelasan dan pembeda antara yang benar dan yang salah. Oleh karena itu, membaca Al-Quran di bulan Ramadhan sangatlah penting, karena kita bisa mendapatkan keberkahan dan pahala yang berlipat ganda. Selain itu, membaca Al-Quran juga dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, serta membantu kita untuk lebih memahami agama Islam dan meningkatkan kualitas hidup kita. Jelasnya. selanjutkan beliau menutup kegiatan keagamaan dengan doa Khatam bersama dengan harapan mendapat keberkahan dan pahala yang banyak dari Allah SWT.

Galeri Foto: https://smpn6tp.sch.id/galeri/kegiatan-ramadhan-1445-hijriah/

Data Sekolah

SMP Negeri 6 Tanjungpandan

NPSN : 10900433

Jl. A. Yani No.03 Tanjungpandan Belitung
KEC. Tanjungpandan
KAB. Belitung
PROV. Kepulauan Bangka Belitung
KODE POS 33412

Pengunjung

  • 377
  • 93
  • 18
  • 12,395
  • 26,776
  • 7,416
  • 1,696

Agenda

Lokasi Sekolah