SEKILAS INFO
24-02-2024
  • 2 bulan yang lalu / Selamat Libur Akhir Semester 1 Tahun Ajaran 2023/2024, Sampai Jumpa di Semester 2, Senin 8 Januari 2024
  • 2 bulan yang lalu / Selamat Melaksanakan Penilaian Sumatif Akhir Semester untuk Seluruh Siswa, Senin-Jumat 4-8 Desember 2023
  • 3 bulan yang lalu / Selamat Hari Guru Nasional 2023, Sabtu 25 November 2023,”Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar”
10
Agu 2022
0
“Police Goes To School” Ditlantas Polres Belitung Sosialisasi Keselamatan Berlalulintas di Kalangan Pelajar

Penulis: Eryanto Wahyudi, S.Pd

(10/8) Ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah (PKS) yang dibina oleh Bapak Nasrulloh, S.Pd  bekerjasama dengan Ditlantas POLRES Belitung mengadakan sosialisasi dengan tema “Tertib Berlalu Lintas” tahun 2022. Sebagai  bagian dari penanaman prilaku berlalu lintas, Polantas Lubis dan Astrid  dengan  jelas dan rinci memaparkan detail kesiapan pelajar saat berlalu lintas. Sebanyak 30 orang peserta didik dari perwakilan masing-masing kelas 7, 8, dan 9 mengikuti sosialisasi di laboratorium IPA dari pukul 08.00 sampai 09.00 wib.

Sosialisasi dibuka Kepala SMPN 6 Tanjungpandan, Ibu Dra. Sri Sukmi Putriaty dan dilanjutkan penjelasan narasumber tentang kesiapan  dan syarat pelajar mengendarai kendaraan yaitu sehat, mahir, menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI), berusia 17 tahun dan memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), lebih dari itu adalah emosi saat mengendarai kendaraan bermotor. Karena banyak ditemukan kasus pelajar melakukan pelanggaran. Pada kegiatan ini juga dijelaskan sanksi yang diberikan kepada pelanggar lalu lintas, khususnya pelajar.

Kegiatan Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas  (KSTBL) bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pelajar, khususnya di SMP Negeri 6 Tanjungpandan. Selain itu memberikan pemahaman untuk efek jera kepada pelajar yang secara berulang-ulang melakukan pelanggaran.

“apakah sama hukuman balap liar dengan tilang” salah satu peserta Obi bertanya.

“denda dan sanksi yang diberikan kepada pengendara balap liar, lebih berat dari tilang” sambil tersenyum POLWAN Astrid menjawab.

“motor ditahan, pengambilan motor harus membayar denda sanksi yang disetor ke kas Negara melalui bank”

“ kemudian, melengkapi surat kendaraan dan kelengkapan standar kendaraan”

“apabila terjaring kembali dalam operasi yang digelar oleh Ditlantas Polres Belitung, pengendara akan dikenakan sanksi yang lebih berat, dan kemungkinan Surat Izin Mengemudi (SIM) akan ditinjau kembali.

Peserta kegiatan sosialisasi diharapkan mengimbaskan materi kegiatan sosialisasi kegiatan tertib berlalu lintas kepada rekan pelajar yang lain, khususnya teman satu sekolah. Harapan nantinya semua pelajar di Kabupaten Belitung memahami tata aturan sebelum mengendarai, saat berkendaraan, dan sanksi pelanggar lalu lintas di jalan raya.

Data Sekolah

SMP Negeri 6 Tanjungpandan

NPSN : 10900433

Jl. A. Yani No.03 Tanjungpandan Belitung
KEC. Tanjungpandan
KAB. Belitung
PROV. Kep. Bangka Belitung
KODE POS 33412

Pengunjung

  • 10
  • 653
  • 341
  • 34,145
  • 832,070
  • 441,386
  • 27

Agenda

4 Maret
10 Juni
28 Juni

Peta Lokasi Sekolah